Pages

Friday, December 28, 2007

Perawatan Aki

Aki motor banyak tipe dan mereknya. Harga pun beragam. Jangan mudah tergoda merek yang harganya miring. Karena aki murah, kualitasnya sebanding harganya; tidak tahan lama. Paling lama bertahan dalam hitungan bulan saja. Dihitung-hitung dengan umur pakainya, selisih harga belasan ribu dengan aki kelas premium, jatuhnya malah lebih mahal. Karena aki yang bagus mampu bertahan lebih 5 tahun, asalkan perawatannya intensif.

Dari pengamatan, kebanyakan bikers malas memberi perhatian pada komponen yang satu ini. Padahal yang diperlukan hanya pengecekan berkala, sebulan sekali, melihat isi air aki. Jika airnya dibawah garis Batas Atas (upper lever) , apalagi Batas Bawah, harus ditambah AIR AKI yang bungkusnya berwarna biru SAMPAI mencapai batas garis atas. Ketinggian air aki normal berada antara batas atas dan bawah.

Jangan mengisi air aki melebihi Batas Atas. Bukannya membuat kinerja aki bertambah baik, malah merusak aki. Dengan penuhnya ruang elemen akan terjadi reaksi di kutub aki. Akibatnya, timbul kerak pada terminal aki dan mengakibatkan aliran listrik terhambat. Motor sampean yang menggunakan starter elektrik akan kesulitan untuk menghidupkan mesin motor.
Sebaliknya, jika air aki terlanjur dibawah Batas Bawah, siap-siap rogoh kocek buat beli aki baru. Aduh mak, harga aki sekarang mahal. Makanya jangan lupakan perawatan.
Malas? Mending bawa ke bengkel, biar mekanik yang menangani. Tul kan?

0 comments: